MTsN 1 Lumajang Juara 1 Lomba Fashion Show Busana Daur Ulang Peringatan HPSN 2020

Di Indonesia, sampah telah menjelma menjadi masalah yang sangat serius. Permasalahan tentang sampah ini telah merambah pada berbagai sektor kehidupan, baik itu sektor sosial, ekonomi maupun budaya. Masalah sampah masih menjadi momok sekaligus pekerjaan rumah (PR) bagi kita semua. Salah satu cara untuk mengurangi sampah adalah dengan mendaur ulang sampah menjadi produk yang berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi.

Sebagai sekolah adiwiyata, MTs Negeri 1 Lumajang tentu memberikan concern yang lebih terhadap masalah sampah. Salah satu program adiwiyata yang ada di MTs Negeri 1 Lumajang adalah pengelolaan sampah menjadi produk yang berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi, diantaranya dengan membuat busana yang berbahan dasar bahan daur ulang.

Bak gayung bersambut, pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang menggelar serangkaian acara berkaitan dengan sampah dengan mengusung tema “Lumajang Iso Resik, Lumajang Sae” yang salah satu acaranya “Fashion Show Bahan Daur Ulang Sampah”yang merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mengurangi sampah untuk mencapai Indonesia bebas sampah Tahun 2020.

MTs Negeri 1 Lumajang ikut berpartisipasi mengirimkan 2 peserta didik beserta busana hasil karyanya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dan Alhamdulillah, salah satu dari peserta didik atas nama Grifta Leilani Putri Agta meraih juara 1 dalam event tersebut. Grifta memperagakan gaun daur ulang bertema BUNGA SETAMAN. Gaun ini terbuat dari karung goni yang alami tanpa diberi pewarna agar semakin nampak original. Sesuai temanya – bunga setaman, gaun ini dihiasi bunga – bunga yang juga terbuat dari bahan daur ulang yang meliputi ontong bunga pisang, kulit jagung, pelepah pohon pisang dan bunga pinus. Sedangkan kemben yang digunakan dibuat dari sisa kertas wallpaper. Semua bahan yang digunakan dalam pembuatan gaun ini benar – benar sengaja memakai limbah sampah yang didaur ulang.

Dengan bermodalkan gaun daur ulang bunga setaman yang cantik plus make up yang ciamik dari grifta salon, Ananda Grifta tampil begitu percaya diri seperti peragawati profesional berjalan di atas red carpet dengan disaksikan oleh seluruh masyarakat Lumajang tak terkecuali Bapak Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M. ML dan Wakil Bupati Hj. Indah Masdar.

Acara tersebut berlangsung di area  Alun-alun Selatan Lumajang, tepatnya di depan Pendopo Arya Wiraraja. Kegiatan ini diikuti oleh 92 peserta dari tingkat SD/MI, SMP, SMA/SMK dan Umum.

Semoga dengan adanya acara peringatan HPSN ini semakin menyadarkan masyarakat untuk bersama – sama mengurangi sampah dan menumbuhkan semangat mencapai Indonesia bebas sampah Tahun 2020.

#mtsn1lumajang #madrasahlebihbaik #lebihbaikmadrasah #madrasahhebat #madrasahbermartabat #santrikeren #matsanlu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *