MTs NEGERI 1 LUMAJANG

Jalan Citandui No. 75 Lumajang

THE ISLAMIC CULTURE SCHOOL

Program Kultum MTs Negeri 1 Lumajang

Senin, 07 Oktober 2019 ~ Oleh Tim Humas MTsN 1 Lumajang ~ Dilihat 557 Kali

matsanlunews – Ada beberapa tatakrama santri terhadap guru, salah satunya adalah tidak membelakangi guru. Demikian sedikit materi yang disampaikan oleh Arika Nada Subhi kelas 9F dalam kegiatan Kultum (kuliah tujuh menit) usai salat dzuhur berjamaah di masjid Al Hikmah MTsN 1 Lumajang (7/10).

Ya, menjadi petugas atau pengisi kultum usai salat dzuhur menjadi tugas yang harus dipersiapkan oleh para santri MTsN 1 Lumajang secara bergantian setiap harinya. Menurut Wakil Kepala Urusan Kesiswaan MTsN 1 Lumajang, Saiful Arif, kegiatan tersebut tentunya didukung oleh Tim Ibadah MTsN 1 Lumajang.

“Dimulai dari dibuatnya jadwal kultum santri, agar para santri mengetahui pergantian jadwal yang akan kultum setelah sholat dzuhur. Setelah itu santri yang bertugas bisa mempersiapkan terlebih dahulu materi yang akan di sampaikan,” ujar ust. Ipul, sapaan akrabnya.

Dijelaskan pula, rangkaian proses itulah yang akan memancing santri untuk selalu belajar dan mempersiapkan diri. “Karena tidak mungkin seorang santri akan membawa hal yang kosong di depan teman temannya,” ujarnya.

Sebagai pihak kesiswaan, ia mengaku sangat ikut mendukung dan bangga melihat para santrinya dapat belajar berbicara di depan teman temannya. Selain itu, para santri juga dapat berekspresi dan belajar berkomunkasi di depan khalayak. “Tentu ini bukan hal yang mudah karena butuh mental dan kepercayaan untuk bisa tampil di depan orang banyak,” jelas dia.

Menurutnya, menjadi poin penting yang ingin dibentuk dalam pembiasaan ini adalah para santri diharapkan dapat menjadi seseorang yang mempunyai mental bagus, sikap kepercayaan diri yang kuat dan juga bisa memperluas wawasan ilmu pengetahuan. Melalui kegiatan tersebut pula, pihaknya menginginkan agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di MTsN 1 Lumajang menjadi lebih inovatif dan mampu mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri setiap santrinya.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

JAILANI, S.Ag

Assalamualaikum Wr. WbPuji syukur kehadhirat Alloh SWT yang telah melimpahkan segala nikmat dan karunia-Nya sehingga kita masih tetap dapat berjuang…

Selengkapnya